Jumat, Agustus 24, 2007

MahaPuspa Most Beautiful Pictures (2)







Semeru, termasuk dalam TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Terlalu mengesankan untuk dilupakan. Mana mungkin lupa pada Lembah Bentengan? Sebuah lembah menakjubkan di tengah rute perjalanan antara Bromo - Ranu Pani. Awan berarak terasa begitu dekat di atas kepala dan angin yang membawa debu dari lautan pasir Bromo sesekali menyapa wajah. Kemudian Ranu Pani, sebuah desa yang disebut sebagai "The Gate of Semeru". Desanya masih asri, penduduknya juga ramah. Lalu Ranu Kumbolo, danau indah di tengah hutan belantara antara rute Ranu Pani - Kalimati. Permukaan airnya tenang berkilau saat sunrise atau sunset, dihiasi sederet pinus di sekelilingnya. "The most beautiful place i've ever seen before", begitu kata saya ketika pertama kali melihat Ranu Kumbolo pada akhir tahun 1995. Setelah itu Hutan Jimbaran yang penuh anggrek warna-warni, seterusnya hingga Kalimati , suatu tempat dimana kita bisa melihat edelweiss tumbuh bebas dan rimbun. Berlanjut dengan Hutan Arcapada yang menggairahkan. Hingga pada tujuan terakhir, menuju puncak Mahameru yang curam. Sungguh semua ini seperti hanya ada dalam dongeng, jika tidak mengalaminya sendiri!
... Kapan kita bisa kesana lagi? ...

Keterangan foto (searah jarum jam):
- Di tepi Ranu Kumbolo, waktu Tri, Joko dan Kun sedang ambil air wudhu buat Subuhan (meski sudah kesiangan ...). Ini yang moto saya, pada tanggal 18 Agustus 1996 atau satu hari sesudah insiden longsor di lereng Mahameru.
- Menjelang Hutan Jimbaran dari Ranu Kumbolo. Yang moto juga saya, pada tanggal 31 Desember 1996.
- Foto paling bawah saya dan Mujib di bawah Lembah Bentengan. Yang ambil gambar kalau nggak Agus BI ya Tri (karena pada waktu itu kami cuma berempat), tanggalnya 30 Desember 1995.

Tidak ada komentar: